Sunday, June 9, 2013

Manfaat Beeswax (Lilin Lebah)


Manfaat Beeswax (Lilin Lebah) 

Beeswax adalah produksi dari Lebah madu yang dikenal sebagai apis melifera lebah ini selain memproduksi madu, royal jelly dan propolis lebah juga memproduksi lilin alami sebagai sarang lebah sarang. Para lebah pekerja memiliki dan memproduksi lilin dalam tubuh mereka di daerah kelenjar perut . Ukuran dari kelenjar tergantung pada usia lebah. Ketika lebah meninggalkan sarang untuk mencari makanan kelenjar ini secara bertahap mengumpulkan lilin alami. warna Lilin lebah hampir putih tapi warna lilin lebah berubah menjadi kekuningan karena royal jelly dan propolis sewaktu penyimpanan dalam sel nya.

Manfaat Lilin Lebah (beeswax) untuk kesehatan
Karena sifat-sifatnya zat dari produksi lebah tidak mengganggu sistem pencernaan manusia dan karena itu semua produk dari lebah dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita tanpa mengubah sedikitpun komposisi penting yang dimilikinya. Penting!! untuk diingat bahwa zat terlarut atau dikemas dalam lilin lebah dilarutkan secara perlahan, sehingga lilin lebah adalah produk yang sangat dihargai di bidang industri farmasi.

Pemanfaatan Lilin Lebah Sebagai Obat Tradisional
Dalam pengobatan tradisional, lilin lebah digunakan sebagai antiseptik untuk mengobati luka dan untuk membersihkan kotoran yang terbentuk dalam telinga. Lilin lebah juga digunakan untuk mengobati berbagai masalah penyakit dari telinga dan meningkatkan pendengaran.

Lilin Lebah atau Beeswax yang dicampur dengan mentega digunakan untuk mengobati penyakit yang dikenal sebagai lupus, Campuran lilin lebah dan mentega dimanfaatkan sebagai salep yang dioleskan pada kulit yang mengalami masalah.

Lilin Lebah atau Beeswax juga digunakan untuk menyembuhkan berbagai luka dan eksim. Sejak zaman kuno di dataran tinggi Skotlandia, luka dan eksim diobati dengan bantuan salep yang terbuat dari lilin lebah dan bahan lain seperti: minyak ikan dan getah pinus. Selain itu, lilin lebah digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan mencegah transformasi luka bakar menjadi lepuh.

Dalam pengobatan Cina alternatif, lilin lebah sangat dihargai. Ini karena lilin lebah memiliki efek menguntungkan dan meningkatkan sirkulasi darah. Lilin lebah juga sangat baik untuk keseimbangan seluruh tubuh manusia. Jika lilin lebah kombinasi dengan bahan-bahan lain bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga dimanfaatkan sebagai obat melawan proses penuaan. Pada sekitar tahun 200-300 masehi, dokter Cina kuno merekomendasikan pasien mereka untuk menggunakan lilin lebah untuk mengobati berbagai masalah penyakit kulit mereka. Dengan demikian, daerah kulit yang mengalami masalah dibungkus dengan perban dan direndam ke dalam lilin lebah yang mencair.

No comments:

Post a Comment